Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaDaerahKabupaten Halmahera BaratPolitikTerbaru

Dosen Kedokteran Unkhair Ternate Lakukan Pengabdian Pada Masyarakat

362
×

Dosen Kedokteran Unkhair Ternate Lakukan Pengabdian Pada Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Jailolo: Dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Khairun (Unkhair) Ternate terjun ke desa melakukan Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) Di Desa Gamlamo, Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat, Sabtu (11/03) lalu.

Kegiatan yang di lakukan itu dalam bentuk Pengabdian Pada Masyarakat Guna Meningkatkan Kualitas hidup Masyarakat Pesisir bersama dokter dari Fakultas Kedokteran Unkhair Ternate.

Dengan melakukan skrining penyakit tidak menular kepada warga setempat, disampaikan dr Wahyunita Do Toka, M. Biomed agar masyarakat dapat mengetahui faktor risiko penyakit tidak menular pada masing-masing orang melalui pemeriksaan Indeks Massa Tubuh (IMT) tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, dan pemeriksaan mata sekaligus dengan pembagian vitamin c ke warga.

Dosen dr Wahyunita Bersama Kades Desa Gamlamo Serta Sejumlah Mahasiswa Kedokteran Unkhair, Foto: Usai Dari Kegitaan Pengabdian pada Masyarakat Di Desa Gamlamo, Jailolo.

Menurut dr Wahyunita Do Toka, Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan sebuah ancaman karena masyarakat biasanya tidak mengetahui bahwa mereka sudah mempunyai risiko penyakit tersebut.

Dan penyakit tidak menular diantaranya penyakit jantung koroner, diabetes melitus, hipertensi, gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran, sehingga sangat penting dilakukan skrining atau deteksi dini tentang risiko penyakit tersebut.

Melihat urgensi akan hal ini, lanjut dia, maka dokter bersama mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Unkhair secara langsung melaksanakan Pengabdian Masyarakat yang tertuju pada masyarakat di Desa Gamlamo.

“Dari skrining PTM meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat sekaligus dengan pemeriksaan mata, tujuannya agar masyarakat lebih peduli terhadap risiko penyakit sehingga warga masyarakat setempat bisa melakukan pencegahan melalui pola hidup yang sehat” jelas dr Wahyunita, usai dari kegiatan tersebut.

Kegiatan pengabdian ini yang berhasil dilakukan dari team Fakultas Kedokteran Unkhair Ternate oleh dokter bersama 5 orang mahasiswanya dan melibatkan tokoh masyarakat dan warga setempat berjumlah 50 orang.

” Kebiasaan sehari-hari atau pola hidup masyarakat sangat berpengaruh dalam meningkatkan risiko penyakit tidak menular, dengan pemeriksaan ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui faktor risiko dan secara tidak langsung dapat menurunkan prevalensi kasus PTM pada masyarakat khususnya masyarakat di Desa Gamlamo Setempat,” tutur dokter

Dalam suksesnya kegiatan pengabdian itu, dikatakan dr, juga bagian dukungan dan kerja sama dari Pemdes Desa Gamlamo, Kecamatan Jailolo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *