Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaDaerahKabupaten Halmahera BaratPariwaraTerbaru

Waktu Dekat, Puluhan CJH Asal Halbar Akan Bertolak ke Madinah 

1230
×

Waktu Dekat, Puluhan CJH Asal Halbar Akan Bertolak ke Madinah 

Sebarkan artikel ini

Jailolo: 72 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Halmahera Barat dalam waktu dekat siap bertolak dari Provinsi Maluku Utara, ke Makasar dan, lanjut ke Kota Madinah untuk melaksanakan rukun Islam ke 5, menunaikan ibadah haji di Tanah suci.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Halbar Hi. Hisbullah Tahir mengatakan,  Penyelenggaraan ibadah Haji halmahera Barat tahun 1444 H/2023 M dalam SK Gubernur 62 jamaah reguler dari jumlah tersebut dari lunas tunda masa covid kemudian jamaah reguler sesuai dengan nomor urut porsi.

” Ditambah dengan 6 orang lansia jadi jumlah kuota Haji halmahera Barat 68 orang seperti tahun -tahun sebelumnya dari 6 lansia itu satu berhalangan karena sakit kemudian meninggal. Sambil menunggu aturan dari pusat kami telah mempersiapkan cadangan. Ada cadangan lansia dan ada cadangan sesuai dengan nor urut porsi setelah pelunasan pertama berakhir tanggal 5 mei kemarin.  lanjut tahap kedua ternyata di akomodir adalah cadangan nomor urut porsi,” jelas Kemenag Halbar.

Dia mengatakan, jamaah lansia secara nasional sudah cukup banyak 196. 377 orang. dan lanjut pelunasan tahap II Halbar sendiri mendapatkan tambahan 6 kuota cadangan di ambil dari nomor urut porsi. dari 6 orang itu hanya 4 orang bersedia, 1 orang meninggal dan 1 orang belum bersedia.

” Maka Jamaah haji yang berangkat pada tahun ini berjumlah sebanyak 72 orang namun tercatat ada 2 CJH  dimutasikan ke Bulukumba karena tempat tugas,” kata Hi. Hisbullah Tahir.

Menurut Hisbullah,  soal persiapan jamah haji berupa manasik sudah dilaksanakan dengan manasik mandiri ada 1 CJH asal Desa Tabadamai atas permintaanya serta
Manasik tingkat Kabupaten, mulainya Senin kemarin dan sudah berakhir Kamis tadi.

” Sejauh ini kami sudah melakukan pemeriksaan kesehatan tahap II selesai lanjut tahap ke III di Asrama haji kota Makasar. Paspor dan biar visa sudah kita siapkan tinggal pemberangkatan,” ucap dirinya.

Untuk diketahui, rencana keberangkatan tingkat kabupaten tanggal 28 bertempat Mesjid Raya “Sigi Lamo” jailolo. Langsung ke Ternate menggunakan kapal cepat  Sesuai jadwal jamaah haji Halbar kloter pertama tanggal 29 menuju ke Asrama Haji Makasar, dan tanggal 30 dari  Makasar menuju Madinah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *