Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaDaerahKabupaten Halmahera BaratPariwaraPolitikTerbaru

Tahun 2023, DKPD Halbar Sudah Hasilkan PAD

284
×

Tahun 2023, DKPD Halbar Sudah Hasilkan PAD

Sebarkan artikel ini

Jailolo: Pemkab Halmahera Barat (Halbar) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Darat kembali berencana menabur 400 ribu bibit udang Vaname pada tambak milik Pemkab Halbar, di Desa Tuada, Kecamatan Jailolo.

Rencana DKPD Halbar kembali menabur  bibit budidaya udang vaname pada tahun ini, Setelah DKPD Halbar memanen hasil budidaya 100 ribu bibit udang Vaname yang ditebar pada November tahun 2022 lalu.

Dan dari hasil panen itu, budidaya dilakukan DKPD Halbar pada bulan Februari 2023. Dan DKPD menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Halbar dengan jumlah Rp 105 juta dari hasil panen budidaya udang Vaname yang ditabur pada akhir tahun 2022 lalu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Darat (DKPD) Halbar Agus Mahole pada media ini, Senin (13/03) kemarin. Dirinya mengatakan penaburan bibit udang Vaname kembali akan dilakukan pada bulan depan (April) yang direncanakan jumlah sebanyak 400 ribu bibit ekor.

Namun, Samsung Kadis, rencana penaburan kembali bibit udang pada dua petak tambak yang lebih banyak lagi di akhir tahun 2022 itu. Dikatakan dia, guna dapat lebih besar lagi menciptakan PAD Pemkab Halbar kedepan.

” Rencana bulan depan penaburan 400 Ribu bibit udang Vaname. Tapi dalam DPA kami tahun 2023 termuat berjumlah 300 ribu. Namun dalam memungkinkan pergeseran anggaran akan kami tambah 100 ribu bibit. Jadi total 400 ribu bibit yanga akan ditabur nanti pada bulan depan,” jelas Agus Mahole.

Dan hasil panen dari penaburan sebanyak 400 ribu bibit udang Vaname itu, diprediksi Kadis dengan total hasil produksi bisa mencapai 5, 7 sampai dengan 6 ton udang Persiklus. Dan Lanjut Kadinkes, upaya pada hasil capaian itu akan terus digenjot DKPD Halbar untuk dapat mendorong program Pemerintahan JUJUR.

” Ini bagian tanggung jawab dari amanah yang sudah diberikan pemerintahan JUJUR dalam menjalankan, untuk mensukseskan diantara dari 7 Program Pa Bupati dan Wakil Bupati Halbar,” ucap dia.

Selain disitu. Agus juga bilang, untuk dua petak tambak udang Vaname yang baru selesai dibangun Pemprov Malut pada akhir 2022 di Desa Tuada itu mulai dioperasikan setelah dari Bulan April (lepas lebaran).

” Untuk tambak udang Vaname yang baru dibangun oleh provinsi yang juga berada di desa Tuada itu, direncanakan provinsi setelah lebaran atau lapas April baru mulia beroperasi pemeliharaan,” pungkas Kadis. Menambahkan, dan tahun ini juga ada rencana pengembangan tambak udang Vaname di wilayah lain, yang di Halbar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *